Senin, 20 Juli 2020

Menanam Tomat dari Biji

Simak langkah menanam tomat dari biji selengkapnya seperti yang dilansir dari Boldsky (01/08) berikut ini.

  1. Pertama, pilih tomat yang akan ditanam. Hindari menggunakan tomat hibrida sebab buah dan bijinya sudah banyak mengandung bahan kimia.
  2. Setelah itu, belah tomat menjadi dua bagian. Ambil bijinya dengan sendok dan letakkan ke dalam mangkuk bersih. Tidak perlu repot mengambil satu per satu biji tersebut.
  3.  Biji tomat harus dibiarkan berada di dalam mangkuk selama 2-3 hari. Hal ini dilakukan sebagai proses fermentasi. Tujuannya untuk mencegah penyakit yang bisa menyerang tanaman saat tumbuh lagi. Setelah selesai, cuci bersih biji dengan air segar. Tambahkan beberapa tetes cuka dan garam saat mencuci. Perhatikan dengan baik, benih buruk akan terapung saat dicuci jadi segera buang mereka. Setelah itu, keringkan benih tersebut.
  4. Apakah sudah boleh menanam? Belum!  Biji yang kering harus disimpan di dalam plastik dan diletakkan di lemari es selama 1-2 minggu.
  5. Selanjutnya, benih dapat ditebar di dalam pot agar tanaman tomat bisa tumbuh dengan mudah. Taruh 2-3 biji dalam satu pot, kemudian tutup dengan tanah. Biarkan selama seminggu namun tetap siram sedikit air untuk menjaga kelembapan.
  6. Pot berisi benih tomat sebaiknya disimpan di tempat hangat. Pot tersebut juga dapat diletakkan di bawah sinar matahari selama beberapa jam. Namun, segera kembalikan di tempat yang teduh setelahnya.
  7. Jika tomat sudah tumbuh sekitar 4-5 cm, tomat dapat dipindahkan di kebun. Jangan lupa untuk tetap menyiramnya secara teratur.
  8. Hindari memangkas daun-daun tanaman tomat. Ada mitos pemangkasan bisa mempercepat pertumbuhan tomat, sayangnya hal itu tidak benar.

Nah, itu dia langkah-langkah menanam tomat dari biji. Jangan lupa melindungi tanaman dari serangan hama. Setelah berbuah,  kita pun bisa menikmati tomat segar dari kebun sendiri. Selamat mencoba😀

NB : ini rekaman zoom buat yang tdk mengikuti zoom meeting hari ini klik DISINI

1 komentar:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus